Senin, 12 April 2010

analisis strategi penjualan.....

PT Carrefour Indonesia Menjamu konsumen

Sumber : http://bataviase.co.id

Raksasa ritel asal Prancis, Carrefour adalah sosok yang kontroversial. Di satu sisi, eksistensinya dianggap mematikan pedagang kecil dan pasar tradisional.Di sisi lain, peritel skala besar ini sangat digandrungi konsumen karena mampu menyediakan sarana berbelanja yang aman dan nyaman dengan harga yang bersaing.Beroperasi di Indonesia di bawah bendera PT Carrefour Indonesia, usaha ritel yang masif dengan gerai tersebar di beberapa kota besar di dalam negeri ini menjadi aktor yang dibenci sekaligus disayang dan dikagumi.

Tak heran, Carrefour pun menghadapi tantangan dan gugatan dari sejumlah pihak, mulai dari keputusan Komisi Pengawas Persaingan Usaha(KPPU) yang menyatakan Carrefour melakukan praktik monopoli, hingga perseteruannya dengan pengelola mal Palembang Square dan Megamal Pluit.Meski sering ditentang, Carrefour tetap ramai dikunjungi konsumen, bahkan jumlah gerai yang dimilikinya makin bertambah dari waktu ke waktu.

Dalam satu hari saja, pengunjung Carrefour rata-rata mencapai 10.000 orang. Jika diasumsikan setiap orang membawa tiga anggota keluarganya, jumlah pengunjung menjadi empat kali lipat menjadi 40.000 orang per hari.
Kondisi seperti ini bisa tercipta berkat kepiawaian manajemen PT Carrefour Indonesia dalam menghadirkan konsep one stop shopping yang semata-mata bertujuan untuk memanjakan konsumen.Carrefour juga berupaya menciptakan suasana kondusif, ditandai dengan sikap para stafnya yang sangat ramah, sehingga siapa pun yang berbelanja ke sana merasa aman dan nyaman.

Selain menyediakan berbagai macam produk kebutuhan rumah tangga, Carrefour juga bekerja sama dengan sejumlah pihak dalam menyediakan aneka produk dan layanan lain, mulai dari fasilitas ATM, penukaran uang, online tickets, aneka jajanan, hingga arena bermain anak.Sebagian pelataran parkir yang luas pun seringkali disulap menjadi arena bazar yang menyediakan berbagai macam produk dan layanan yang dibutuhkan konsumen.

"Kami akan terus memperbanyak fasilitas guna memperkuat konsep one stop shopping ini, demi memanjakan konsumen," ujar Presdir PT Carrefour Indonesia Shafie Shamsuddin.Gandeng asuransi Fasilitas paling gres yang baru dibuka di Carrefour adalah Carrefour AXA Insurance Services, sebuah gerai yang menawarkan layanan asuransi bagi pengunjung.Untuk tahap pertama, layanan yang merupakan hasil kerja sama antara PT Carrefour Indonesia dan AXA Financial Indonesia ini baru tersedia di tiga gerai Carrefour, yakni Lebak Bulus, MT Haryono, dan ITC Cempaka Mas.

Shafie mengklaim layanan Carrefour AXA Insurance Services merupakan inovasi terbaru dalam industri ritel di Indonesia.Melalui layanan ini, pelanggan Carrefour semakin mudah mendapatkan informasi dan memilih perlindungan yang sesuai dengan kebutuhan mereka.Produk pertama yang ditawarkan adalah asuransi Carrefour AXA Medical Save. Produk ini memberikan perlindungan rawat inap rumah sakit dan pengobatan tradisional kepada pelanggan Carrefour beserta keluarganya. Produk ini juga memberikan pengembalian premi sebesar 99% jika tidak terjadi klaim.

Dalam rangka peluncuran layanan Carrefour AXA Insurance Services ini, akan diberikan asuransi perjalanan gratis senilai Rp25 juta kepada 30.000 pelanggan Carrefour yang berbelanja minimal Rp200.000 di ketiga gerai Carrefour.Kehadiran Carrefour AXA Insurance Services ini tentu saja semakin melengkapi fasilitas dan layanan di gerai rakasa ritel asal Prancis tersebut.Layanan Carrefour AXA Insurance Services merupakan langkah awal. Dengan semakin berkembangnya pasar asuransi di Indonesia seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat berasuransi, Carrefour menargetkan perluasan layanan Carrefour AXA Insurance Services ke lb gerai di bawah bendera Carrefour dan Carrefour Express pada 2010.

Layanan ini hadir setelah kedua pihak melakukan survei terhadap pelanggan Carrefour yang di antara 40% responden menyatakan membutuhkan asuransi melalui gerai yang tersedia di Carrefour.Dipilihnya AXA bukan lantaran sama-sama sebagai perusahaan asal Prancis, sebab penunjukannya melalui proses tender secara terbuka. Carrefour dan AXA menargetkan dapat menjaring calon nasabah asuransi sedikitnya 30.000 orang per bulan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar